INFORMATION TEKNOLOGI (IT): Analisis SPICEWORKS Sebagai Alat Bantu IT Audit
Teknologi Informasi * Teknologi Informasi * Teknologi Informasi * Teknologi Informasi * Teknologi Informasi * Teknologi Informasi *Teknologi Informasi

Senin, 13 Agustus 2012

Analisis SPICEWORKS Sebagai Alat Bantu IT Audit

Spiceworks IT Desktop adalah sebuah aplikasi untuk manajemen desktop, manajemen persediaan, pengelolaan jaringan dan help desk perangkat lunak. Secara umum untuk mendapatkan paket software yang lengkap untuk Windows dengan hampir semua fitur yang dibutuhkan, pengguna diharuskan untuk membeli perangkat lunak yang berharga mahal dan kebanyakan hanya digunakan oleh perusahaan besar serta menengah. Namun untuk aplikasi ini, pengguna komputer dapat memakainya secara gratis. 
Perangkat lunak ini menawarkan fitur 7 menu utama, yaitu: * My Spiceworks * Inventory * Help Desk * Reports * Community * Store * Settings Freeware ini sangat cocok bagi anda yang memiliki bisnis kecil atau network di rumah anda namun tidak memiliki staff IT yang banyak. Spiceworks akan menghemat biaya pengeluaran anda dengan mengurangi jumlah Staff IT yang anda sewa. Spiceworks akan menampilkan berbagai informasi mengenai network device anda ecaran detail dan dilengkapi dengan IT managemen tool sehingga anda bisa menemukan solusi dan troubleshooting jika terjadi masalah di network anda. Spicework akan memanage network anda mulai dari memberikan informasi disk space, antivirus yang digunakan hingga memberikan notifikasi dan pemberitahuan saat terjadi error atau masalah pada network anda. Spicework juga akan memberi saran kepada anda jika terjadi masalah semisal saran untuk menginstall software tertentu dan troubleshooting lainnya. Cara Kerja Spiceworks Spiceworks berjalan dengan tahapan sebagai berikut : • Aktive Direktori Diakses Jika digunakan Spiceworks memiliki aksesterhadap active directory, Spiceworks akan memeriksa active directory tersebut untuk menginventarisasi asset pada jaringan. Spiceworks menggunakan info ini(alamat IP, sistem operasi, tingkat service pack, nama mesin) untuk mengisi informasi perangkat yangditemukan. 
 • NetBIOS diakses Netbios akan diakses untuk mendapatkan informasi asset pada jaringan sebanyak mungkin 
 • Alamat IP pada jaringan di Ping IP addres yang ada dijaringan akan di ping, danspiceworks akan memberikan informasi yang mana IP yang online dan yang kosong ( offline ) 
 • Mesin Diidentifikasi Mesin yang merespon ping, akan diidentifikasi oleh berdasarkan port yang bisa dimasuki oleh spiceworks.Spiceworks akan mencoba untuk terhubungmenggunakan SNMP, WMI, SSH, SIP, MAC alamat,kemudian HTTP. Jika semua port gagal, makaspiceworks akan mengidentifikasi mesin sesuai infoyang didapat dari NetBIOS dan akan berlabel“unkown”. Pada mesin yang mendapat label unkown, berarti spiceworks tidak mendapatkan informasimendetail tentang mesin, dan hanya info terbatas, dan biasanya akan bertuliskan “scan error”. 
 • Informasi Dikumpulkan Dengan protocol yang sesuai, spiceworks akanmengumpulkan informasi sesuai dengan jenis mesin.Misalnya, untuk PC, maka informasi software bisadidapat, dan untuk switch, port mana yang sedangon/off. 
• Sebuah Laporan DNS Dibuat Laporan tentang Domain Name System akan dibuatsetelah proses scanning selesai, apakah ada perubahanDNS atau tidak. 
• Perangkat Dikelompokkan Setelah melakukan proses scan dan mendapatkaninformasi dari perangkat, spiceworks akanmengelompokkan perangkat-perangkat tersebut kedalam beberapa kategori, seperti workstation/PC,server, printer, dll. Anda juga dapat melakukan pengelompokkan sendiri (custom) pada bagianinventory. 
• Kegiatan yang masuk Ketika Scan berjalan, spiceworks akan mengumpulkankegiatan windows berdasarkan kriteria admin padasetiap perangkat. Kelebihan Spiceworks : 
1. Easy-installation (bisa localhost ataupun server, baca OS compatibility di situsnya) 
2. Agent-less (tidak perlu menginstall tools tambahan di komputer client) 
3. Full-featured (fiturnya lengkap, mulai dari network scanning, reporting hingga helpdesk) 
4. Free License (gratis namun aplikasi ini bersifat closed-source dan disisipi ads oleh developernya, selebihnya tidak ada yang mengganggu) 
5. Easy2Use (cukup mudah untuk mempelajari penggunaan tools ini) Kelemahan Spiceworks: Kepadatan informasi per komputer, memiliki banyak data per mesin tetapi untuk hal-hal seperti server banyak statistik perlu menggunakan alat lain. 
Requirements: Operating System: * Windows 7 * Windows XP Professional SP2+ * Windows Vista * Windows 2003 Server SP1+ * Windows 2008 Server Hardware: * 1.5 GHz Pentium 4 Class Processor – Minimum * 1.0 GB RAM – Minimum Discovery Requirements: * Windows 2000 Professional * Windows 2000 Server * Windows XP Professional * Windows Vista * Windows 7 * Windows 2003 Server * Windows 2008 Server * Macintosh OS X – SSH must be enabled * Linux/Unix – SSH must be enabled Exchange Monitoring Support: * Spiceworks dapat memonitor Exchange 2003, dan dapat memonitor 2007 dan 2010 menggunakan script ini. Deteksi Interface Bandwidth: * Device perlu support Bridge MIB atau Q-Bridge MIB untuk Spiceworks to mendapatkan kembali informasi VLAN. * Device perlu support IP-MIB dan IF-MIB untuk Spiceworks untuk mendapatkan kembali informasi interface. Email Server Requirements: * Incoming Email: IMAP, POP, atau Exchange 2003, 2007, dan 2010 * Outgoing Email: SMTP atau Exchange 2003, 2007, dan 2010 Browser Requirements: * Firefox 3.5+ (Best) * Chrome * Internet Explorer 7.0+ * Safari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar